Mengenal Taekwondo dan Teknik Dasar Pelaksanaannya

Bela diri merupakan salah satu kegiatan yang digunakan sebagai bentuk pertahanan diri yang mana sudah ada sejak zaman dahulu. Kegiatan bela diri itu sendiri diajarkan ecara turun temurun kepada generasi yang tak luput dengan ajaran budaya yang ada.

Tiap bela diri pastinya memiliki ciri khas yang berbeda. Dimulai dari cara serta teknik pelaksaannya. Contohnya saja bela diri Taekwondo.

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Taekwondo bukan? Sebelumnya, apakah kalian mengenal dengan dalam tentang bela diri yang satu ini? Jikalau belum, berikut rangkumannya.

Sejarah Taekwondo

Taekwondo berasal dari negara Korea Selatan yang mana juga menjadi salah satu olahraga nasional di Tiongkok. Walaupun begitu, olahraga ini sering kali menjadi seni bela diri yang dipertandingkan secara mendunia melalui olimpiade.

Dalam bahasa Korea ‘Tae’ sendiri memiliki ‘arti menendang atau menghancurkan dengan kaki’ yang mana menjadi ciri khas dari seni bela diri taekwondo sendiri. Tak hanya itu, kata ‘Kwon” yang berarti meninju, dan ‘Do’ yang berarti berjalan.

Taekwondo merupakan seni bela diri yang unik karena memiliki gabungan dari berbagai jenis perbedaan bela diri. Seperti bela diri lainnya, taekwondo sendiri mencakup aspek perkelahian, bela diri, olahraga, hiburan, dan filsafat.

Bela diri ini mulai berkembang pada tahun 37 sesudah masehi. Masyarakat Korea biasanya menampilkan taekwondo pada pertunjukan acara ritual yang. Dahulu, taekwondo sendiri digunakan sebagai senjata andalan para kesatria.

Pada tahun 1945, Korea resmi mengembangkan taekwondo ini menjadi seni bela diri tradisional sampai menjadi terkenal hampir ke seluruh pelosok dunia.

Teknik Dasar Pelaksanaan Taekwondo

Dalam pelaksanaan taekwondo sendiri pastinya memiliki teknik dasar yang mana berfungsi sebagai panutan dalam pelaksaan bela diri itu sendiri. Berikut adalah teknik dasar dalam pelaksaan taekwondo :

1. Seogi (kuda-kuda)

Sebelum melakukan serangan, ada baiknya mengambil sikap kuda-kuda yang biasa disebut dengan seogi. Seogi sendiri berfungsi sebagai fondasi awal.

Ada beberapa istilah seogi itu sendiri seperti Moa Seogi (kuda-kuda rapat), Naranhi Seogi (kuda-kuda sejajar), Ap Seogi (sikap jalan kecil), Juchum Seogi (kuda-kuda duduk), Ap Kubi (kuda-kuda panjang), Dwit Kubi (kuda-kuda L), Beom Seogi (kuda-kuda sikap harimau), dan Dwi Koa Seogi (kuda-kuda silang).

Kuda-kuda merupakan salah satu teknik dasar yang terlihat cukup sederhana. Namun, kuda-kuda merupakan hal penting untuk dilakukan agar serangan tidak mudah di baca oleh lawan.

2. Kyongkyok Kisul (serangan)

Nah, kali ini sampai di tahap serangan. Teknik serangan di taekwondo terbagi menjadi beberapa jurus seperti serangan melalui Jireugi (pukulan), Chigi (sabetan), Chireugi (tusukan), dan Chagi (tendangan). Pada praktiknya, teknik-teknik itu pun terbagi lagi menjadi banyak bagian.

Teknik tendangan misalnya. Teknik ini teriri dari beragam jenis jurus seperti seperti Ap Chagi (tendangan ke depan), Naeryo Chagi (tendangan mengayun atau cangkul), Dollyo Chagi (tendangan melingkar), Yeop Chagi (tendangan ke samping), Dwi Chagi (tendangan ke belakang), Milyo Chagi (tendangan sodok depan), Dwi Huryeo Chagi (tendangan balik dengan mengait), dan lain-lain.

Serangan merupakan hal yang harus kamu lakukan untuk bisa meruntuhkan lawan kamu. Disaat skor yang kamu miliki menjadi poin unggul dibanding lawan.

3. Makki (tangkisan)

Tangkisan sendiri merupakan gerakan atau jurus yang kalian lakukan untuk menghalangi lawan saat sedang diserang. Di dalam taekwondo, ada berapa jenis tangkisan yang bisa digunakan untuk menahan serangan lawan.

Teknik taekwondo dasar yang berupa tangkisan misalnya Arae Makki (tangkisan ke bawah), Eolgol Makki (tangkisan keatas), Momtong An Makki (tangkisan pengambilannya dari luar ke dalam), Momtong Bakat Makki (tangkisan dari dalam keluar), dan Sonnal Makki (tangkisan dengan pisau tangan).

4. Keup so (sasaran tubuh)

Biasanya bagian tubuh taekwondo memiliki nilai yang berbeda-beda sesuai dengan aturan yang berlaku.

• Badan : Serangan ke area badan boleh dilakukan dengan tangan maupun kaki, tapi terbatas ke bagian tubuh yang dilindungi oleh body protector (kecuali area di sepanjang tulang belakang).

• Muka : Wajah taekwondoin juga termasuk area yang sah untuk diserang, kecuali daerah kepala bagian belakang. Serangan pun hanya boleh menggunakan kaki.

 Untuk kamu yang ingin mendalami taekwondo dengan lancar, ada baiknya untuk mengikuti pelatihan taekwondo secara langsung. Selain bisa menjaga diri, kalian juga bisa berolahraga agar tetap sehat lho.

Komentar

Postingan Populer