Kelebihan dan Kekurangan Muay Thai, Seni Bela Diri Asal Thailand

Kelebihan dan Kekurangan Muay Thai
Muay Thai, seni bela diri asal Thailand

Terdapat berbagai macam seni bela diri yang ada di dunia dan salah satunya yakni Muay Thai. Meskipun berasal dari tanah gajah putih, tetapi seni bela diri Muay Thai juga terkenal di negara lain, termasuk Indonesia.

Muay Thai adalah jenis olahraga tindu tradisional yang berasal dari negara Thailand dan telah ada selama 2000 tahun. Sebelum dikenal sebagai Muay Thai, seni bela diri ini dulu disebut Boran atau tinju kuno.

Muay Thai atau yang juga dikenal dengan nama lain Thai Boxing ini memiliki peminat yang cukup banyak, lho.

Berlatih Muay Thai tidak hanya memiliki keterampilan pertahanan diri, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang tidak terduga. Seni bela diri ini di Thailand ini sangat populer di seluruh dunia, bahkan di Indonesia.

Gerakan Muay Thai membantu meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan ketahanan sistem kardiovaskular saat dipraktikkan.

Meskipun demikian, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Muay Thai yang penting untuk kamu ketahui sebelum memulai berlatih. Berikut penjelasannya!

Kelebihan Seni Bela Diri Muay Thai

Berikut beberapa kelebihan Muay Thai yang bermanfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kestabilan Tubuh

Banyak gerakan Thailand yang mengharuskan Anda berdiri dengan satu kaki, seperti ketika mereka menggerakkan Anda menendang, misalnya.

Selain itu, jika itu profesional, seni bela diri Muay Thai mengharuskan para pejuang mereka berduru terus menerus. Oleh karena itu, manfaat Muay Thai dianggap dapat meningkatkan stabilitas tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Menurut penelitian, tidak ada olahraga yang dapat melatih sistem jantung sebaik Muay Thai. Saat menggabungkan jenis olahraga aerobik dan anaerob, Muay Thai bermanfaat untuk tekanan besar menyapa hati.

Dengan latihan rutin, tubuh Anda akan terbiasa dengan tekanan dalam olahraga ini, dan meningkatkan kinerja kardiovaskular yang sehat adalah salah satu keuntungannya.

3. Meningkatkan Refleks dan Pertahanan Tubuh

Saat Anda bertarung dengan teman sekelas, Anda akan dipaksa untuk menghindari berbagai jenis serangan Muay Thai oleh lawan. Ini membuat refleks tubuh meningkat dengan cepat.

Itu berarti bahwa otak dan otot harus bersatu, untuk mempercepat proses pemikiran untuk menghindari serangan lawan. Secara otomatis, refleks tubuh akan terbiasa menghindari semua bahaya yang datang.

Selain itu, banyak pejuang Muay Thai menegaskan bahwa mereka dapat membela diri terhadap lawan yang lebih besar dari mereka.

Itu karena seni bela diri Muay Thai mengajar para pejuangnya untuk menggunakan banyak anggota badan untuk bertahan hidup, serta menyerang pada saat yang sama.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Seni bela diri asal Thailand ini mengajarkan Anda bagaimana cara untuk berpikir jauh ke depan. Karena, saat bertarung dengan lawan, Anda dipaksa untuk berpikir 5 kali jauh ke depan dibandingkan dengan lawan.

Hal ini juga dilakukan untuk memprediksi strategi dari lawan.

Kekurangan Muay Thai

Di balik kelebihan, pasti ada kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan seni bela diri Muay Thai:

Mengalami Cedera

Olahraga seni bela diri ini sangat tergantung pada semua anggota tubuh. Gerakan Muay Thai dilakukan dengan menggunakan 4 set anggota tubuh, yaitu kaki, tangan, lengan dan paha dan menggunakan serangan tinju, siku, lutut dan kaki. Oleh karena itu, ada kemungkinan cedera rentan jika itu salah.

Memerlukan Usaha yang Lebih Besar

Ada beberapa teknik dasar di Muaythai yang mengharuskannya untuk membuat gerakan yang mengharuskan Ada untuk berusaha lebih ekstra.

Hal ini akan membuat Anda sedikit kewalahan dan mudah kelelahan. Setidaknya Anda harus memiliki perlawanan yang kuat.

Menguras Tenaga

Seperti yang dijelaskan kekurangan Muay Thai sebelumnya, hampir semua anggota badan bergerak dan melakukan latihan, itu akan mengeringkan banyak energi. Bersiaplah untuk mengendalikan tubuh Anda sehingga tidak mudah dikeluarkan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Muay Thai yang perlu Anda ketahui sebelum memulai berlatih dan memilihnya sebagai salah satu ilmu bela diri.

Komentar

Postingan Populer