Jenis Olahraga Bela Diri yang Membakar Banyak Kalori


Bela diri atau disebut juga martial arts bisa menjadi pilihan anda yang ingin melakukan aktivitas fisik dengan tantangan, tak hanya membuat tubuh lebih bugar dan juga memuaskan rasa penasaran belaka, namun juga dapat membakar kalori lebih baik dari sekedar lari atau jogging.

Bela diri adalah salah satu teknik untuk mempertahankan atau membela diri. Sebagai bahan pertahanan, olahraga ini semakin populer dari waktu ke waktu karena memberikan sarana peningkatan aktivitas fisik.

Olahraga bela diri dikenal penuh dengan tantangan dan membakar lebih banyak kalori daripada olahraga lainnya. Lalu, apa saja jenis olahraga bela diri yang banyak membakar kalori? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Karate


Karate merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang berfokus pada kekuatan dan tubuh bagian atas. Ketika melakukannya, gerakan serangan karate akan membuat otot-otot inti mengeluarkan kekuatan terbaiknya.

Karena memusatkan pada otot inti, maka lemak di sekitar perut akan terbakar dan membuat Anda lebih kuat. Akan tetapi, olahraga karate tak sebaik bela diri lainnya, khusunya bagi Anda yang ingin fokus untuk latihan kardio.

2. Muay Thai/ Kickboxing


Muay Thai melibatkan gerakan tinju dan juga menendang. Olahraga ini berfokus pada kekuatan, pergerakan, dan kecepatan. Ketika menyaksikan orang melakukan olahraga ini, Anda akan melihat petarungnya merasa kelelahan untuk beberapa saat di arena.

Olahraga bela diri ini akan membuat Anda terus bergerak, berganti kuda-kuda, melepaskan pukulan, melakukan tendangan, dan bergulat. Oleh sebab itu, Muay Thai menjadi pilihan yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan dan juga untuk perlindungan diri.

3. Tinju


Olahraga tinju memang tak sebaik olahraga bela diri lainnya dalam membakar kalori, apalagi hanya sekedar memukul samsak dan tidak benar-benar bertarung di arena tinju. Ada beberapa teknik tinju yang memicu kardio, karena tinju menuntut Anda mengeluarkan seluruh kekuatan Anda dan fokus pada pergerakan tubuh bagian atas Anda.

Ketika Anda mengeluarkan semua kekuatan, Anda akan merasa cepat lelah. Olahraga untuk membakar kalori ini juga berfokus untuk membentuk tubuh Anda di bagian atas.

4. Judo/ Hapkido


Untuk melindungi diri, baik judo atau hapkido merupakan pilihan yang tepat. Olahraga bela diri ini memang tidak melibatkan banyak pergerakan lompat, tidak banyak bergerak atau menyerang. Sehingga bela diri ini kurang efektif untuk mengurangi berat badan, namun masih efektif untuk membakar banyak kalori.

5. Pencak Silat


Pencak silat merupakan olahraga bela diri yang sudah turun-temurun menjadi warisan budaya Indonesia. Tak hanya aspek bela diri saja, pencak silat juga mengutamakan aspek mental spiritual dan seni budaya disetiap gerakannya.

Sebagai seni bela diri yang semakin banyak ditekuni, pencak silat memiliki berbagai teknik dasar, seperti kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, sikap pasang, guntingan, dan kuncian. Berbagai gerakan ini mampu menjaga kebugaran dan stamina tubuh sekaligus menantang untuk Anda lakukan.

Demikianlah beberapa rekomendasi olahraga bela diri yang efektif untuk membakar kalori. Meskipun begitu, olahraga tersebut memiliki risiko cedera yang tinggi jika melakukan teknik yang salah. Sebaiknya anda mengikuti kelas bela diri guna mendapatkan arahan dari pelatih berpengalaman.

Komentar

Postingan Populer